PENGARUH DIRECT INTRUCTION MODEL TERHADAP KEMAMPUAN TEKNIK DASAR PASSING KAKI BAGIAN DALAM DI SMP NEGERI 2 CILAMAYA WETAN
Kata Kunci:
Direct Instruction, Teknik Dasar, Passing Kaki Bagian Dalam, Sepak BolaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Direct Instruction terhadap kemampuan teknik dasar passing kaki bagian dalam pada siswa SMP Negeri 2 Cilamaya Wetan. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 35 siswa yang dipilih secara acak sederhana. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan passing sebelum dan sesudah perlakuan, kemudian dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil analisis menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari 13,66 pada pre-test menjadi 17,37 pada post-test, serta nilai t-hitung sebesar 6,58 yang lebih besar dari t-tabel 1,689. Koefisien determinasi sebesar 56,7% mengindikasikan bahwa peningkatan kemampuan passing dipengaruhi oleh model pembelajaran yang digunakan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Direct Instruction berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan teknik dasar passing kaki bagian dalam dalam permainan sepak bola.