PENGARUH METODE BERMAIN BOLA PANTUL DALAM PASSING BAWAH BOLA VOLI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SISWA SMP NEGERI 2 CILAMAYA WETAN

Penulis

  • Nurkalim Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Astri Ayu Irawan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rina Marlina Universitas Singaperbangsa Karawang

Kata Kunci:

Kepercayaan Diri, Metode Bermain, Bola Pantul, Passing Bawah, Bola Voli

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain bola pantul terhadap kepercayaan diri siswa dalam melakukan passing bawah bola voli. Penelitian menggunakan desain pra-eksperimen one group pretest-posttest dengan sampel sebanyak 30 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Cilamaya Wetan. Instrumen yang digunakan adalah tes Brumbach Forearms Pass Wall Volley Test yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata dari pretest sebesar 13,93 menjadi 17,20 pada posttest. Hasil uji t menunjukkan nilai t-hitung 2,58 lebih besar dari t-tabel 1,699 pada taraf signifikansi 0,05, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan. Koefisien determinasi sebesar 38,31% menunjukkan kontribusi metode bermain terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa. Metode bermain bola pantul terbukti efektif meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan dasar siswa dalam pembelajaran bola voli.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30