PENGARUH SELF-EFFICACY DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Penulis

  • Shofia Azizah Universitas PGRI Madiun
  • Ninik Srijani Universitas PGRI Madiun
  • Novita Erliana Sari Universitas PGRI Madiun

Kata Kunci:

Self-Efficacy, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Minat Berwirausaha, Mahasiswa

Abstrak

Minat berwirausaha merupakan dorongan atau ketertarikan yang muncul dalam diri seseorang yang dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal untuk membangun, mengelola serta mengembangkan sebuah usaha dengan kesiapan menghadapi risiko dan tantangan yang ada. Salah satu faktor internal yang mempengaruhi minat berwirausaha pada mahasiswa adalah Self-Efficacy. Self-Efficacy adalah keyakinan yang dimiliki oleh seseorang mengenai kemampuannya untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Selain itu, salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi minat berwirausaha pada mahasiswa adalah status sosial ekonomi orang tua. Status sosial ekonomi orang tua adalah status yang mencakup berbagai aspek, termasuk penghasilan, pendidikan dan pekerjaan orang tua yang berpengaruh terhadap taraf hidup dan kesejahteraan keluarga, terutama bagi anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh Self-Efficacy terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Universitas PGRI Madiun, (2) mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Universitas PGRI Madiun, (3) mengetahui pengaruh Self-Efficacy dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Universitas PGRI Madiun. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif dengan jenis kausal asosiatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Angkatan 2024 Universitas PGRI Madiun sebanyak 556 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 103 responden yang ditetapkan mengacu pada rumus slovin. Dalam penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode probability sampling dengan teknik Proportional Random Sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Self-Efficacy tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai signifikansi sebesar 0,068; 2) status sosial ekonomi orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai signifikansi sebesar 0,001; 3) Self-Efficacy dan status sosial ekonomi orang tua berpengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha dengan nilai signifikansi sebesar 0,000.

 

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30