PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI OMAGGIO TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR – UNSUR TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 RANTAU UTARA TAHUN AJARAN 2024/2025
Kata Kunci:
Pengembangan, Strategi Omaggio, Teks BeritaAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas strategi Omaggio dalam meningkatkan kemampuan siswa mengidentifikasi komponen teks berita. Penelitian ini menggunakan desain pretes-postes satu kelompok dan dilakukan terhadap tiga puluh dua siswa kelas delapan di SMP Negeri 3 Rantau Utara selama tahun ajaran 2024–2025. Enam komponen dasar teks berita—apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana—menjadi fokus utama alat ini. Uji-T Sampel Berpasangan dan uji normalitas digunakan untuk menilai data. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata skor pretes siswa sebelum intervensi adalah 3,64, yang tergolong sangat tidak memadai. Skor rata-rata meningkat signifikan menjadi 68,99 setelah pendekatan Omaggio (postes) diterapkan, sehingga berada dalam rentang yang wajar. Setelah menerapkan pendekatan Omaggio, kemampuan siswa dalam mengenali elemen teks berita meningkat secara signifikan, ditunjukkan dengan nilai signifikansi Uji-T Sampel Berpasangan sebesar 0,000 (< 0,05). Hasil ini menyiratkan bahwa teknik Omaggio dapat diterapkan secara efektif sebagai metode pengajaran untuk mendorong perkembangan kemampuan membaca kritis dalam memahami teks berita.
"The objective of this study is to determine the effectiveness of the Omaggio strategy in enhancing students’ ability to identify the components of news texts. The research employed a one-group pretest-posttest design and was conducted on thirty-two eighth-grade students at SMP Negeri 3 Rantau Utara during the 2024–2025 academic year. The six fundamental components of news texts—what, who, when, where, why, and how—were the emphasis of the tool. The Paired Sample T-Test and normality tests were used to assess the data. According to the results, the kids' pretest average score before to the intervention was 3.64, which is considered extremely inadequate. The average score considerably rose to 68.99 once the Omaggio approach (posttest) was put into practice, placing it in the fair range. After applying the Omaggio approach, students' ability to recognize news text elements significantly improved, as indicated by the Paired Sample T-Test's significance value of 0.000 (< 0.05). These results imply that the Omaggio technique may be applied successfully as a teaching method to foster the development of critical reading abilities in the understanding of news texts.