PENGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Kata Kunci:
Media Gambar, Pembelajaran Matematika, Visualisasi, Motivasi BelajarAbstrak
Pembelajaran matematika sering dianggap sulit dan membosankan oleh banyak siswa karena materi yang abtraks dan sulit dipahami karena penyampaiannya yang kurang menarik. Maka dari itu untuk mengatasi hal tersebut, penggunaan media gambar menjadi salah satu solusi yang efektif. Media gambar membantu siswa memvisualisasikan konsep-konsep matematika sehingga lebih mudah dipahami. Selain itu, gambar dapat meningkatkan daya tarik pembelajaran, memperkuat ingatan, serta mendorong keterlibatan siswa dalam proses belajar. Penelitian ini membahas manfaat, peran, dan penerapan media gambar dalam pembelajaran matematika dikelas. Guru diharapkan untuk lebih kreatif dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis visual untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan bermakna.
Many students often find mathematics difficult and boring due to abstract material and difficulty understanding due to its uninteresting presentation. Therefore, to address this issue, the use of visual media is an effective solution. Visual media helps students visualize mathematical concepts, making them easier to understand. Furthermore, visual media can increase learning engagement, strengthen memory, and encourage student engagement in the learning process. This study discusses the benefits, role, and application of visual media in mathematics learning in the classroom. Teachers are expected to be more creative in developing visual-based learning media to create a more enjoyable and meaningful learning experience.