PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KONJUNGSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD
Kata Kunci:
Problem Based Learning (PBL), Problem Solving, Keterampilan Menulis KonjungsiAbstrak
Bahasa memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari sebagai alat komunikasi, sedangkan keterampilan menulis, yang memerlukan pemahaman bahasa yang baik, dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran berbasis masalah seperti Problem Based Learning (PBL) dan Problem Solving untuk membantu siswa memahami materi secara aktif dan kreatif, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan menulis konjungsi siswa kelas IV dalam pelajaran bahasa Indonesia menggunakan Problem Based Learning (PBL) dan Problem Solving. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SDN Sidorejo Kidul 02 dan SDN Sidorejo Kidul 03 pada siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengukur kemampuan menulis konjungsi siswa dengan dua metode yang berbeda, yakni problem based learning dan problem solving. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan yang tidak signifikan antara penggunaan model Problem Based Learning dan Problem Solving dalam kemampuan menulis konjungsi peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD. Hal tersebut dibuktikan dengan melihat hasil analisis statistik yang menunjukkan perolehan nilai rata-rata pada kelas eksperimen 1 sebesar 75,86 dan nilai rata-rata pada kelas eksperimen 2 sebesar 79,31. Dan dengan hasil uji Independent Sample T-tes dan uji hipotesis setelah perlakuan dengan nilai Sig (2-tailed) adalah 0,047 pada kelas eksperimen 1 dan 0,047 pada kelas eksperimen 2. Maka Sig. 0,047 < 0,05 dan Sig. 0,047 < 0,05, yang artinya ada perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis konjungsi menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving pada pembelajaran bahasa indonesia kelas IV SD.