PERAN LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI

Penulis

  • Aldiana Fasyiyah Universitas Jambi
  • Nurhidayati Hanifah Universitas Jambi
  • Muhammad Zakwan Universitas Jambi
  • Said Mch Kamal Universitas Jambi
  • Eva Iryani Universitas Jambi
  • Helty Universitas Jambi

Kata Kunci:

Literasi Digital, Tantangan, Kualitas Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengklarifikasi pentingnya literasi digital dalam meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis teknologi. Metodologi yang digunakan terdiri dari melakukan tinjauan literatur. Tinjauan literatur melibatkan pengumpulan dan analisis sistematis dari berbagai sumber yang relevan, termasuk buku, jurnal ilmiah, artikel, dan dokumen lain yang terkait dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital sangatlah penting dalam meningkatkan kualitas dalam mengembangkan pembelajaran berbasis teknologi karena dengan literasi digital siswa atau guru dapat mengelolah atau menggunakan teknologi dengan bijak, aman dan terhindar dari pengunaan teknologi yang tidak baik seperti dalam penyebaran berita hoak, memainkan game berlebihan, menonton yang tidak senonoh. Selain itu, penggunaan litarasi digital dalam teknologi memungkinkan personalisasi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan individu siswa. Akan tetapi kualitas pembelajaran berbasis teknologi ini memiliki dua kemungkinan yang berdampak pada masing-masing siswa yang menggunakannya adapun dampak negatif dan positif, dampak negatif berupa banyaknya pelajar yang kurang mempelajari literasi digital yang memungkinkan akan berdampak buruk terhadap pelajar tersebut berupa rentan terpapar informasi palsu, kecanduan gadget dan terganggunya kesehatan fisik, adapun dampak positif dari kualitas pembelajaran berbasis teknologi meliputi meningkatkan minat belajar siswa, kemandirian dalam mencari informasi, dan kemampuan berpikir kritis. Siswa juga menjadi lebih kreatif, mampu berkolaborasi jarak jauh, serta lebih siap menghadapi tantangan di era digital.

 

This study aims to clarify the importance of digital literacy in improving the quality of technology-enhanced learning. The research methodology utilised is a literature study, entailing the systematic gathering of various references and literature from relevant sources, such as books, scientific journals, articles, and other pertinent documents related to the research topic. The results of the study indicate that digital literacy is very important in improving the quality of developing technology-based learning because with digital literacy students or teachers can manage or use technology wisely, safely and avoid the use of bad technology such as in spreading hoax news, playing excessive games, watching indecent things.  The application of digital literacy in technology enables the customisation of learning experiences to meet the specific needs of individual students. Digital learning platforms can be customised to meet the varied learning styles of students, allowing for progression at individual paces and in accordance with personal preferences. This improves understanding of the material and promotes increased independence in students' learning processes. The incorporation of technology in education entails various challenges, such as the need for adequate infrastructure and the imperative for educators to undergo training to effectively utilise the technology. A comprehensive approach is necessary to ensure that the integration of technology in education effectively improves the quality of learning in a significant manner.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-29