MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK MELALUI MEDIA DIGITAL VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD SPS CENDANA VIII
Kata Kunci:
Media Digital, Video Animasi, Rasa Percaya Diri, Anak Usia Dini, PAUD, Penelitian Tindakan KelasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media digital video pembelajaran berbasis animasi dalam meningkatkan rasa percaya diri anak usia 4–5 tahun di PAUD SPS Cendana VIII. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 15 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra tindakan hanya 5 anak (35%) yang menunjukkan rasa percaya diri. Setelah penerapan media animasi pada siklus I meningkat menjadi 8 anak (54,44%), dan pada siklus II mencapai 12 anak (77%). Peningkatan ini menunjukkan bahwa penggunaan video animasi edukatif secara signifikan dapat menumbuhkan sikap percaya diri anak melalui tampilan tokoh-tokoh yang memberikan contoh perilaku mandiri, yakin, dan bertanggung jawab. Media animasi terbukti menjadi alat pembelajaran yang menarik dan efektif dalam mendukung perkembangan sosial emosional anak usia dini.
the effectiveness of digital media animation-based learning videos in increasing the self-confidence of children aged 4-5 years at PAUD SPS Cendana VIII. The method used is Classroom Action Research (PTK) with two cycles. The research subjects amounted to 15 children. The results showed that in pre action only 5 children (35%) showed self- confidence. After the application of animated media in cycle I increased to 8 children (54.44%), and in cycle II reached 12 children (77%). This increase shows that the use of educational animated videos can significantly foster children's self-confidence through the display of characters that provide examples of independent, confident, and responsible behavior. Animation media is proven to be an interesting and effective learning tool in supporting the socio-emotional development of early childhood.




