PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MENGGUNAKAN SOAL CERITA TIPE HOTS
Kata Kunci:
Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, Kemampuan Pemecahan Masalah, Soal Cerita Tipe HOTSAbstrak
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah menggunakan soal cerita tipe HOTS antara siswa yang menerapkan metode PMRI dan siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Desain studi Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design dengan pendekatan Quasi Experimental Design diterapkan dalam studi eksperimen ini. Metode pengumpulan sampel yang diterapkan yakni Cluster Random Sampling. Dua kelas sampel dipilih dari tiga kelas populasi; kelas VII A dijadikan kelas eksperimen dan menerima perlakuan PMRI dan kelas VII B yang menjadi kelas kontrol melalui penerapan pembelajaran konvensional. Analisis data pada studi ini menerapkan analisis statistik desktiptif dan analisis statistik inferensial. Temuan uji normalitas skor posttest kelas eksperimen didapatkan skor sig. 0,140 > 0,05 dan temuan kelas kontrol didapatkan skor sig. 0,056 > 0,05, yang menjadikan posttest kedua kelas berdistribusi normal. Variansi kedua kelas dianggap homogen, melalui skor sig. 0,205 > 0,05. Sebab uji prasyarat terpenuhi, kemudian dilangsungkan analisis statistika inferensial melalui penerapan uji t. Temuan perhitungan uji t melalui penerapan Independent-Samples T Tes didapatkan temuan yang menjabarkan thitung > ttabel, yaitu 4,728 >1,668271 dan sig. 0,000 < 0,05. Yang menjadikannya bisa disimpulkan terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah menggunakan soal cerita tipe HOTS antara siswa yang menggunakan PMRI dan siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional.
The purpose of this study was to determine the differences in problem-solving abilities using HOTS type story questions between students who applied the PMRI method and students who applied conventional learning. The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design research design with the Quasi Experimental Design approach was applied in this experimental study. The sample collection method applied was Cluster Random Sampling. Two sample classes were selected from three population classes; class VII A became the experimental class and received PMRI treatment and class VII B became the control class through the application of conventional learning. Data analysis in this study applied descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. The findings of the normality test for the posttest scores of the experimental class obtained a sig. 0.140> 0.05 and the findings of the control class obtained a sig. 0.056> 0.05, which made the posttests of both classes normally distributed. The variance of both classes was considered homogeneous, through a sig. 0.205> 0.05. Because the prerequisite test was met, then inferential statistical analysis was carried out through the application of the t-test. The findings of the t-test calculation through the application of the Independent-Samples T Test obtained findings that describe tcount> ttable, which is 4.728> 1.668271 and sig. 0.000 <0.05. Which makes it possible to conclude that there is a significant difference in problem-solving ability using HOTS type story questions between students who use PMRI and students who use conventional learning.