LANGKAH BARU MENUJU PENGIMPLEMENTASIAN PENDIDIKAN TINGGI INKLUSIF UNTUK MAHASISWA DENGAN GANGGUAN SPEKTRUM AUTISME : SEBUAH TINJAUAN LITERATUR

Penulis

  • Retno Wulandari Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR
  • Rugaiyah Yazid Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR
  • Nurul Hidayah Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR

Kata Kunci:

Pendidikan Tinggi Inklusif, Gangguan Spektrum Disorder, Implementasi

Abstrak

Studi ini dilakukan menggunakan metode literature review yang bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan dan tantangan mahasiswa dengan Gangguan Spektrum Disorder serta lembaga pendidikan tinggi dalam mengimplementasikan pendidikan tinggi inklusif. Pada penelitian ini juga menyajikan beberapa program yang dapat dilakukan lembaga pendidikan tinggi untuk memberikan akomodasi yang layak dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dengan Gangguan Spektrum Disorder. Berdasarkan tinjauan literatur dari 12 artikel yang diterbitkan dalam 7 tahun terakhir (2018 - 2024), penelitian ini menampilkan hambatan utama mahasiswa dengan Gangguan Spektrum Disorder dalam keterlibatan dan penyelesaian studi di jenjang pendidikan tinggi. Selain itu menampilkan tantangan utama yang perlu dipersiapkan lembaga pendidikan tinggi untuk memberikan layanan layak dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dengan Gangguan Spektrum Disorder. Temuan penelitian ini memberikan gambaran program-program baru yang telah dievaluasi oleh peneliti sebelumnya sehingga dapat dijadikan rekomendasi di lembaga pendidikan tinggi menuju sistem pendidikan tinggi yang inklusif.

This study was conducted using a literature review method aimed at identifying the barriers and challenges faced by students with Autism Spectrum Disorder (ASD) and higher education institutions in implementing inclusive higher education. This research also presents several programs that higher education institutions can implement to provide appropriate accommodations tailored to the needs of students with ASD. Based on a literature review of 12 articles published in the last 7 years (2018 - 2024), this study highlights the main barriers faced by students with ASD in engagement and completion of studies at the higher education level. Additionally, it outlines the primary challenges that higher education institutions need to prepare for in order to provide suitable services that meet the needs of students with ASD. The findings of this research provide an overview of programs that have been evaluated by previous researchers, which can serve as recommendations for higher education institutions towards an inclusive higher education system.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30