PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PLANET EXPLORATION BOX BERBASIS UNIVERSAL DESIGN LEARNING UNTUK SISWA KELAS 6 SD

Penulis

  • Najma Universitas Negeri Jakarta
  • Wafiqoh Al Haniyah Universitas Negeri Jakarta
  • Nisrina Khairani Universitas Negeri Jakarta
  • Adinda Kirana Universitas Negeri Jakarta

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Pendidikan Inklusi, Planet Exploration Box, Tata Surya, Universal Design Learning

Abstrak

Pendidikan inklusi merupakan konsep yang bertujuan untuk menciptakan keadilan dan kesetaraan dalam pendidikan, dengan memperhatikan kebutuhan dan karakteristik setiap peserta didik, termasuk anak-anak berkebutuhan khusus. Namun, implementasi pendidikan inklusi di Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan, seperti minimnya sarana prasarana dan kurangnya media pembelajaran yang inovatif dan inklusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Universal Design Learning (UDL) melalui "Planet Exploration Box", sebuah media pembelajaran interaktif yang dirancang untuk materi Tata Surya di kelas 6 SD. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan pendekatan evaluasi formatif yang meliputi tahap analisis kebutuhan, perancangan produk, pembuatan, pengujian, dan evaluasi. Media ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep Tata Surya, serta memfasilitasi pembelajaran inklusif dan interaktif. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa media "Planet Exploration Box" layak dan efektif. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil validasi ahli media yang mendapat skor 89%, validasi ahli materi 94,4% dan validasi buku panduan 90,4% sehingga keseluruhan uji validasi dinyatakan bahwa media sangat layak. Selain itu, hasil uji coba kepada siswa menunjukkan bahwa 15,8 dengan 83,3% menyatakan bahwa media ini efektif digunakan sebagai alat bantu pembelajaran, baik difabel maupun non-difabel, dalam memahami materi Tata Surya secara mendalam. Dengan demikian, Planet Exploration Box dapat menjadi media pembelajaran inovatif yang memfasilitasi pemahaman yang lebih baik dan inklusi bagi semua siswa.

nclusive education is a concept that aims to create justice and equality in education, by paying attention to the needs and characteristics of every student, including children with special needs. However, the implementation of inclusive education in Indonesia still faces various challenges, such as the lack of infrastructure and the lack of innovative and inclusive learning media. This research aims to develop a learning media based on Universal Design Learning (UDL) through the "Planet Exploration Box", an interactive learning media designed for Solar System materials in grade 6 elementary school. The research method used is Research & Development (R&D) with a formative evaluation approach which includes the stage of needs analysis, product design, manufacturing, testing, and evaluation. This media is designed to increase students' understanding of the concept of the Solar System, as well as facilitate inclusive and interactive learning. The development results show that the "Planet Exploration Box" media is feasible and effective. This is evidenced based on the results of the validation of media experts who scored 89%, the validation of material experts 94.4% and the validation of the guidebook 90.4% so that the entire validation test was declared that the media was very feasible. In addition, the results of the test to students showed that 15.8 with 83.3% stated that this media was effectively used as a learning aid, both disabled and non-disabled, in understanding the material of the Solar System in depth. Thus, the Planet Exploration Box can be an innovative learning medium that facilitates better understanding and inclusion for all students.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30