PENGARUH MEDIA DIORAMA TERHADAP KOMPETENSI KOLABORASI DAN KOMUNIKASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Reni Citra Dewi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Imas Srinana Wardani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Susi Hermin Rusminati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Kata Kunci:

Media diorama, Kompetensi Kolaborasi, Kompetensi Komunikasi

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa pada suatu proses pembelajaran yang masih minim dan siswa dapat lebih aktif ketika guru menyampaikan materi dengan menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media diorama terhadap kompetensi kolaborasi dan komunikasi siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan statistic deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V di SDN Sedatigede 2 dengan sampel yang digunakan yaitu siswa kelas VA (kelas kontrol) dengan jumlah 25 siswa dan kelas VB (kelas eksperimen) dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan lembar observasi. Dari hasil analisis yang telah dilakukan taraf signifikansi, pada variabel Komunikasi (pretest) dibandingkan dengan variab Komunikasi (Post test) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai tersebut < 0,05. Sedangkan, berdasarkan taraf Signifikansi pada variabel Kolaborasi (pretest) dibandingkan dengan Variabel Kolaborasi (Pretest) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai tersebut < 0,05 maka terdapat pengaruh media diorama terhadap kompetensi kolaborasi dan komunikasi siswa kelas V sekolah dasar.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-20