KEMAMPUAN LITERASI SAINS TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V SD

Penulis

  • Khalimatus Sa'diyah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Imas Srinana Wardani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Susi Hermin Rusminati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Kata Kunci:

Keaktifan Belajar, Literasi Sains

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Keaktifan Belajar siswa kelas V Sd yang masih rendah padahal keaktifan belajar ini menjadi fokus perhatian tergadap keberhasilan pendidikan yang semakin berkembang. Penenlitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Literasi sains terhadap keaktifan belajar siswa kelas V Sd. Penenlitian ini menggunakan rancangan penelitian metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah sluruh siswa – siswi di SDN Dukuh Menanggal 1 dengan sampel yang digunakan yaitu siswa kelas V-A ( kelas Eksperimen ) dengan jumlah 25 siswa dan kelas V-B ( kelas kontrol ) dengan jumlah siswa 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan angket. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil persentase dari indikator Kekatifan belajar siswa dari kelas eksperimen mendapatkan hasil 73,24% dengan kategori Baik. Sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan hasil  67,76% dengan kategori cukup baik. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains terhadap keaktifan belajar siswa kelas V SD terdapat peningkatan dan perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-20