PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU

Penulis

  • Nurul Bayani Batu Bara Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Inom Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Kata Kunci:

Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru.

Abstrak

Rendahnya kinerja guru tidak terlepas dari rendahnya kontribusi kepala sekolah dalam memimpin di sekolah dan akan mengakibatkan rendahnya pencapaian tujuan pendidikan. Kinerja guru menjadi persoalan utama dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sebuah lembaga pendidikan. Tujuan penelitian ini supaya kepala sekolah mampu untuk memahami peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini dilaksanakan di MA Al Junaidiyah yang beralamat di desa Kampung Lama kecamatan Puncak Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif fenomenologi. Ada dua partisipan yang dipilih dan bersedia menjadi partisipan penelitian ini yaitu kepala sekolah dan salah satu guru matematika. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara semi terstruktur yang disertakan dengan rekaman suara dengan bantuan aplikasi Tap Recorder dari informasi yang disampaikan partisipan. Penyebab rendahnya kinerja guru di MA Al junaidiyah Kampung Lama yaitu, sarana prasarana sekolah yang kurang memadai, kurangnya dukungan administrasi terhadap guru, kekurangan motivasi dan kurangnya sumberdaya yang mengakibatkan guru tidak profesional. Peran kepala sekolah dalam mengatasi hal ini adalah memberikan kesempatan kepada para guru dan jugas staff memberikan pendapat dan masukan dari mereka, menerapkan sikap disiplin baik guru siswa dan semua warga sekolah,  menyelenggarakan pertemuan dengan guru juga staff sekolah untuk membahas mengenai topi-topik yang memerlukan perhatian khusus, membimbing guru dan membantu guru untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh guru, mengarahkan guru dan memberikan pelatihan kepada guru agar meningkatkan kemampuannya, dan melakukan kunjungan kelas memantau proses pembelajaran.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30