UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MEDIA BELAJAR KARTU BILANGAN DI KELAS VII

Penulis

  • Nurul Hijrah Universitas Labuhanbatu
  • Lili Rohanita Hasibuan Universitas Labuhanbatu
  • Eva Julianti Universitas Labuhanbatu

Kata Kunci:

Meningkatkan Minta Belajar, Matematika, Media Konkret

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika. Salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan seperti media kartu bilangan. Media kartu bilangan dapat membantu siswa memahami penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, karena penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat merupakan materi yang bersifat abstrak. Maka dari itu berdasarkan hasil penelitian dan hasil observasi di kelas VII MTS Al Ittihadul Wathoniyah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi-eksperimen menggunakan desain penelitian The One Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 2 kelas yaitu VII-A dan VII-B di MTS Al Ittihadul Wathoniyah. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas VII-A yang terdiri dari 30 sebagai sampel yaitu Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk memperoleh data kemampuan penalaran matematis dan hasil belajar matematika. Pengujian hipotesis dengan uji diperoleh nilai thitung = -34,586 > ttabel = 28. Maka hasil penelitian ini menunjukkan pengunaan model pembelajaran matematika dengan menggunakan media kartu bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30