UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA 7 SUBTEMA 1 MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT SISWA KELAS III SD NEGERI MANGUNSARI 01

Penulis

  • Isra Muhammad Nur Ihwana Universitas Kristen Satya Wacana
  • Herry Sanoto Universitas Kristen Satya Wacana

Kata Kunci:

Hasil belajar, model Discovery Learning, Powerpoint

Abstrak

Fokus utama dalam penelitian ini adalah kurang tepat dalam pemilihan model pembelajaran yang mengakibatkan peserta didik tidak aktif dalam pembelajaran hal ini berdampak pada hasil belajar peserta didik. Hal ini dikarenakan guru kurang maksimal dalam penerapan model pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil belajar dari peserta didik menggunakan model Discovery Learning berbantuan powerpoint pada tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 dan 2 di kelas III SD Negeri Mangunsari 01 Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis & MC Taggart yang dilaksanakan melalui dua siklus. Dengan tahapan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III B SDN Mangunsari 01. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar tematik melalui penerapan model Discovery Learning berbantuan powerpoint. Hal ini ditunjukan dari hasil belajar setelah mengerjakan soal evaluasi siklus I belum mencapai indikator keberhasilan. Pada siklus I dari 27 siswa terdapat 37,03% yang belum tuntas dan terdapat 62,97% yang tuntas. Dengan rata-rata nilai pada siklus I adalah 71,11. Kemudian mengalami peningkatan di siklus II hasil belajar dari 27 siswa terdapat 14,81% yang belum tuntas dan terdapat 85,18% yang tuntas. Dengan rata-rata nilai pada siklus II adalah 78,14.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31