MEDIA MUSIK: UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH

Penulis

  • Andika Hadi Pratama Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Serang

Kata Kunci:

Pembelajaran bahasa Inggris, integrasi lagu, keterlibatan siswa

Abstrak

Di era globalisasi, kemampuan bahasa Inggris sangat penting bagi generasi muda Indonesia untuk bersaing secara internasional. Namun penguasaan bahasa Inggris mempunyai tantangan karena perbedaan bahasa dengan bahasa Indonesia. Penelitian ini mengeksplorasi integrasi lagu dalam pembelajaran bahasa Inggris, dengan menekankan dampaknya pada dimensi afektif, kognitif, budaya, dan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan studi literatur, dengan fokus pada aspek positif penggunaan lagu, seperti meningkatkan motivasi, menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, dan meningkatkan keterampilan berbahasa secara holistik. Menyadari kesulitan yang dihadapi siswa dalam struktur bahasa Inggris, penelitian ini menekankan pada adaptasi metode pengajaran dengan konteks lokal. Lagu terbukti efektif dalam mengembangkan keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis, sekaligus menumbuhkan pemahaman budaya. Pemilihan lagu, dengan mempertimbangkan kompleksitas dan kemampuan siswa, menjadi penting untuk keberhasilan integrasi. Guru didesak untuk menerapkan pendekatan inovatif, khususnya memanfaatkan lagu, untuk mendukung pembelajaran siswa. minat dan motivasi belajar bahasa Inggris.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31