ENGLISH TEACHERS’ STRATEGIES IN DELIVERING ENGLISH INSTRUCTION WITHIN INDEPENDENT CURRICULUM FRAMEWORKS AT SMA N 1 TAKALAR
Kata Kunci:
Strategies, Kurikulum MerdekaAbstrak
Pendidikan di Indonesia menggunakan Kurikulum Merdeka sebagai pedoman dalam proses belajar mengajar. Banyak strategies yang digunakan oleh guru bahasa inggris untuk menghadapi tantangan dalam pengajaran pembelajaran bahasa inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi yang diterapkan oleh guru bahasa Inggris dalam menghadapi tantangan dalam penyampaian instruksi bahasa Inggris dalam kerangka kurikulum merdeka di SMAN 1 Takalar. Kurikulum merdeka memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, namun juga menghadirkan berbagai tantangan bagi pengajaran bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara semi-struktur dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah guru bahasa Inggris di SMAN 1 Takalar. Penemuan di penelitian ini menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris mengidentifikasi dan menganalisis strategi-strategi yang digunakan oleh guru dalam mengatasi tantangan dalam mengajar bahasa inggris seperti memahami karakteristik siswa, penggunaan media ajar dan metode ajar untuk mencapai tujuan pembelajaran dan capaian pembelajaran, penggunaan modul ajar, penggunaan assesment untuk meningkatkan kemampuan siswa, mengatur alokasi waktu, guru harus kreatif untuk menciptakan kelas yang interaktif, dan terakhir