PENGARUH DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR TERHADAP KINERJA PENDIDIK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) SE KECEMATAN PASIRKUDA

Penulis

  • Sheila Nurfani Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Asep Munajat Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Elnawati Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Kata Kunci:

Pelatihan Dan Pendidikan Tingkat Dasar, Kinerja Pendidikan, PAUD, Dan Kompetensi Guru

Abstrak

The purpose of this study was to understand the influence of Basic Level Training and Education on the performance of PAUD teachers in Pasirkuda District, Cianjur Regency. PAUD educators have a crucial role in developing a child's character and intelligence. However, most educators in this region lack appropriate educational resources and face challenges when trying to understand the teaching process. Through HIMPAUDI, the government promotes Tiered Training, including Basic Level Training, as a means to improve professional skills. This study used a quantitative method with a survey approach. The sample consisted of 62 PAUD educators who had participated in Basic Level Training and Education. Data were collected using a Likert scale and analyzed using SPSS version 27 using validity, reliability, and linear regression analysis. The findings of the study indicate that there is a significant impact between educators who have participated in Basic Level Training and their work habits. Aspects that experienced growth include the ability to plan, implement, assess, and advance education. However, there are differences in field results that indicate the need for further training. According to the researcher, Basic Level Training and Education is an effective strategy to improve the quality of PAUD educators. Therefore, a comprehensive evaluation and program modifications are necessary to ensure the training outcomes are presented in the best possible manner.

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami pengaruh Pelatihan dan Pendidikan Tingkat Dasar terhadap kinerja guru PAUD di Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur. Pendidik PAUD memiliki peran penting dalam menumbuhkan karakter dan kecerdasan seorang anak. Namun, sebagian besar pendidik di wilayah ini kekurangan sumber daya pendidikan yang tepat dan memiliki tantangan ketika mencoba memahami proses pengajaran. Melalui HIMPAUDI, pemerintah mempromosikan Diklat Berjenjang, termasuk Diklat Tingkat Dasar, sebagai sarana untuk meningkatkan keterampilan profesional. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel terdiri dari 62 pendidik PAUD yang telah mengikuti Pelatihan dan Pendidikan Tingkat Dasar. Data dikumpulkan menggunakan skala Likert dan dianalisis menggunakan SPSS versi 27 dengan menggunakan analisis validitas, reliabilitas, dan regresi linier. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ada dampak yang signifikan antara pendidik yang telah mengikuti Diklat Tingkat Dasar dan kebiasaan kerja mereka. Aspek yang mengalami pertumbuhan meliputi kemampuan dalam merencanakan, melaksanakan, menilai, dan memajukan pendidikan. Meskipun demikian, terdapat perbedaan hasil lapangan yang menunjukkan perlunya pelatihan lanjutan. Menurut peneliti, Pelatihan dan Pendidikan Tingkat Dasar merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan mutu pendidik PAUD. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi menyeluruh dan modifikasi program untuk memastikan hasil pelatihan disajikan sebaik mungkin.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30