PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA TERHADAP PERKEMBANGAN LOGIKA BERPIKIR ANAK USIA 5–6 TAHUN DI TK CAMBRIDGE PRESCHOOL AND CHILD CARE DEPOK

Penulis

  • Yohanna Juwita C Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Redi Awal Maulana Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Elnawati Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Kata Kunci:

Pembelajaran Sentra, Logika Berpikir, Anak Usia Dini, PTK

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan logika berpikir anak usia dini yang terlihat dari kesulitan dalam memahami urutan kegiatan, mengenali pola, dan menjelaskan hubungan sebab-akibat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran sentra dapat meningkatkan kemampuan logika berpikir anak usia 5–6 tahun di TK Cambridge Preschool and Child Care Depok. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model spiral Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari dua siklus, masing-masing dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 16 anak kelompok B. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi dengan indikator logika berpikir seperti mengklasifikasi, mengurutkan benda, mengenali pola, serta menjelaskan sebab-akibat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pra siklus, sebanyak 10 anak (60%) berada dalam kategori belum berkembang. Setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I, jumlah anak dalam kategori belum berkembang menurun menjadi 5 anak (31,25%), dan meningkat menjadi 0 anak (0%) pada siklus II. Pada siklus II, sebanyak 8 anak (50%) berada dalam kategori berkembang sesuai harapan dan 5 anak (31,25%) dalam kategori berkembang sangat baik, sehingga total 13 anak (81,25%) telah mencapai indikator keberhasilan. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran sentra, khususnya melalui sentra balok dan bahan alam, efektif dalam meningkatkan kemampuan logika berpikir anak usia dini.

This study is motivated by the low logical thinking skills of early childhood which can be seen from difficulties in understanding the sequence of activities, recognizing patterns, and explaining cause-and-effect relationships. The purpose of this study was to determine how the application of the center learning model can improve the logical thinking skills of children aged 5-6 years at Cambridge Preschool and Child Care Depok Kindergarten. This study used the Classroom Action Research (PTK) method with the Kemmis and McTaggart spiral model consisting of two cycles, each with planning, action implementation, observation, and reflection stages. The subjects of this research were 16 children of group B. Data collection techniques were carried out through observation and documentation with logical thinking indicators such as classifying, sorting objects, recognizing patterns, and explaining cause and effect. The results showed that at the pre-cycle stage, 10 children (60%) were in the undeveloped category. After the implementation of actions in cycle I, the number of children in the undeveloped category decreased to 5 children (31.25%), and increased to 0 children (0%) in cycle II. In cycle II, 8 children (50%) were in the category of developing as expected and 5 children (31.25%) in the category of developing very well, so that a total of 13 children (81.25%) had reached the success indicator. This shows that the application of the center learning model, especially through the center of blocks and natural materials, is effective in improving the logical thinking skills of early childhood.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30