PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Kata Kunci:
Matematika, Pemahaman Matematis, TGTAbstrak
Studi ini meneliti bagaimana model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berdampak pada kemampuan matematis siswa dalam mata pelajaran matematika pada materi Bangun Ruang di kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Utara. Studi tindakan kelas, juga dikenal sebagai penelitian tindakan kelas, dilakukan dengan sampel yang dipilih secara acak menggunakan metode random sampling. Kelas VIII-1 yang memiliki tiga puluh siswa sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional, sedangkan Kelas VIII-4, yang memiliki 30 siswa sebagai kelas eksperimen, menggunakan model pembelajaran Turnamen Game Tim. Studi ini melibatkan soal matematika yang diuraikan. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana. berdasarkan data yang dikumpulkan dari guru matematika di sekolah SMP negeri 2 Rantau Utara, tingkat pemahaman matematis siswa masih belum mencapai target KKM. Karena itu, penelitian tindakan kelas dilakukan dengan menggunakan dua siklus evaluasi. Pada siklus penilaian I, rata-rata ketuntasan matematis dari 30 siswa adalah 53,33%. Pada siklus penilaian kedua, dari tiga puluh siswa, rata-rata ketuntasan matematis adalah 86,66%. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan sebanyak 33,33% dari siklus I ke siklus II.
The purpose of this study is to ascertain how the Teams Games Tournament (TGT) learning model affects students' mathematical understanding abilities in mathematics in mathematics subjects on Building Space material in class VIII SMP Negeri 2 Rantau Utara. The type of research carried out is class action research with samples determined randomly using random sampling techniques. A traditional learning model was used to teach class VIII-1, which had 30 students as a control group, and the Teams Games Tournament learning model was used to teach class VIII-4, which also had 30 students as an experimental group. The research tool describes the questions using a math test. A straightforward linear regression test is used in the data analysis method. Based on data obtained from mathematics subject teachers at North Rantau 2 State Middle School, students' level of mathematical understanding in mathematics still has not reached the desired KKM target. Therefore, classroom action Two evaluation cycles were used in the study. Out of 30 students, the average level of mathematical comprehension in the first assessment cycle was 53.33%. Out of 30 students, the average level of mathematical comprehension was 86.66% in the second assessment cycle. These results show a drastic increase of 33.33% from cycle I to cycle II.