PENERAPAN PENDEKATAN MULTISENSORI DALAM MENINGKATKAN KEBERANIAN BERBICARA PADA ANAK DENGAN KETERLAMBATAN BERBICARA DI TK PGRI MELUR

Penulis

  • Neneng Riska Pandini Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Redi Awal Maulana Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Elnawati Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Kata Kunci:

Pendekatan Multisensori, Keberanian Berbicara, Keterlambatan Bicara, Anak Usia Dini, PAUD

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan pendekatan multisensori dalam meningkatkan keberanian berbicara pada anak usia dini yang mengalami keterlambatan berbicara di TK PGRI Melur. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan pendekatan multisensori yang menggabungkan stimulasi visual, auditori, kinestetik, dan taktil. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berbicara anak. Pada tahap pra siklus, dari 15 anak, 8 anak (53,33%) berada pada kategori Belum Berkembang (BB), 4 anak (26,67%) pada kategori Mulai Berkembang (MB), 3 anak (20%) pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan 0 anak (0%) pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Setelah Siklus I, anak pada kategori BB menurun menjadi 3 anak (20%), MB menjadi 7 anak (46,67%), BSH tetap 3 anak (20%), dan BSB meningkat menjadi 2 anak (13,33%). Pada Siklus II, hasilnya meningkat signifikan dengan 12 anak (80%) berada pada kategori BSB, 1 anak (6,67%) BSH, 2 anak (13,33%) MB, dan tidak ada anak pada kategori BB. Temuan ini membuktikan bahwa pendekatan multisensori efektif dalam meningkatkan keberanian berbicara anak usia dini dan dapat diterapkan sebagai strategi pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan gaya belajar anak.

This study aims to determine the effectiveness of applying a multisensory approach in increasing the courage to speak in early childhood who experience speech delays at PGRI Melur Kindergarten. This research uses Classroom Action Research (PTK) method which implemented in two cycles, with multisensory approach which combines visual, auditory, kinesthetic, and tactile stimulation. The results showed a significant improvement in children's speaking ability. At the pre-cycle stage, out of 15 children, 8 children (53.33%) were in the Not Developing (BB) category, 4 children (26.67%) in the Starting to Develop (MB) category, 3 children (20%) in the Developing As Expected (BSH) category, and 0 children (0%) in the Very Good Developing (BSB) category. After Cycle I, children in the BB category decreased to 3 children (20%), MB to 7 children (46.67%), BSH remained 3 children (20%), and BSB increased to 2 children (13.33%). In Cycle II, the results increased significantly with 12 children (80%) in the BSB category, 1 child (6.67%) BSH, 2 children (13.33%) MB, and no children in the BB category. These findings prove that the multisensory approach is effective in improving early childhood speaking courage and can be applied as a strategy for learning that is fun and in accordance with children's learning styles.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30